Jumat, 11 Januari 2013

Belajar

1 A. Belajar : “suatu proses usaha untuk memperoleh perubahan yang relatif menetap pada diri individu, yang ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan pengetahuan, kecapakan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dll.” B. CIRI-CIRI BELAJAR: -Adanya kemampuan baru atau perubahan. Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif). -Perubahan itu tidak berlangsung sesaat saja melainkan menetap atau dapat disimpan. -Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan harus dengan usaha. Perubahan terjadi akibat interaksi dengan lingkungan. -Perubahan tidak semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik/ kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit atau pengaruh obat-obatan. C. PERUBAHAN : -Perubahan terjadi secara sadar -Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu dan fungsional -Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif -Tidak bersifat sementara -Perubahan dalam belajar bertujuan dan berarah -Mencakup seluruh aspek tingkahlaku 2. A.Mengajar : “aktivitas profesional untuk mengorganisasi atau mengelola lingkungan belajar agar tercipta suasana yang baik dan menghubungkannya dengan peserta didik sehingga terjadi proses belajar yang menyenangkan. Mengajar tidak sekedar menyampaikan materi pada siswa.” B.- Metode Adl cara mencapai tujuan yang ditetapkan. 5 faktor yang mempengaruhi penggunaan metode : Tujuan dengan berbagai jenis & fungsi, Ragam tingkat kematangan peserta didik ,Situasi Fasilitas, Kepribadian guru. - Evaluasi.Fungsi : Memberi umpan balik kepada guru sebagai dasar memperbaiki proses pengajaran serta mengadakan perbaikan program bagi siswa, Memberikan kemajuan hasil belajar siswa (angka, deskripsi),Menentukan posisi siswa dalam KBM, Mengenal latar belakang siswa. C. – melakukan komunikasi langsung dengan richo, mengenal latar belakang richo, memperbaiki proses pengajaran serta mengadakan perbaikan program bagi siswa, mengamati proses belajar richo dikelas. 3. a. Minat beajar richo dikelas, dan semangatnya walaupun richo lelah tapi dya tetap semangat, Agar dya lebih menguasai bahasa inggris dengan baik. b. contoh Minta siswa melakukan penelitian yang menjadi keprihatinan siswa. 4. contooh : saya akan memberikan penghargaan berupa tas atau perlengkapan belejar jika richo Mampu mendapat nilai grammar diatas 90 dalam waktu 1 semester. 5 - percaya diri : sikap yang dapat ditumbuhkan, sanggup menguwasai diri sendiri dan bebas dari Pengendalian orang lain dan bagaimana kita menilai diri sendiri sama orang lain menilai kita, Sehingga kita mampu menghadapi situasi apapun. -peran percaya diri pada diri nicho yaitu dya bersemangat dalam belajar, dan nicho percaya diri Dalam menjawab pertanyaan dari guru, nicho juga mampu menulis cerita dengan baik dan nicho Mampu mengerjakan tugas dikelas dengan tepat. Tetapi saat ini richo tidak percaya diri karna nicho mendapat nilai yang kurang baik dalam mengerjakan tugas rumah, disebabkan karena nicho tidak memiliki waktu dan energy untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas rumah. Dan nicho tetap semangat dalam belajar karena nicho ingin menjadi lebih menguasai Bahasa Inggris.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.